PENGERTIAN MOTORIK MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MOTORIK MENURUT PARA AHLI
SERTA KONSEP DASARNYA


 1. Menurut pendapat SMITH 1991


Motorik ialah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh.

Dalam perkembangan motorik, unsur-unsur yang menentukan ialah

a. Otot,

b. Saraf, dan

c. Otak.

Ketiga unsur itu melaksanakan masing-masing peranannya secara “interaksi positif”, artinya unsur-unsur yang satu saling berkaitan, saling menunjang, saling melengkapi dengan unsur yang lainnya untuk mencapai kondisi motoris yang lebih sempurna keadaannya. Selain mengandalkan kekuatan otot, rupanya kesempurnaan otak juga turut menentukan keadaan. Anak yang pertumbuhan otaknya mengalami gangguan tampak kurang terampil menggerak-gerakan tubuhnya.


Smith menyatakan bahwa sifat motorik siswa saat KBM:

a) Perhatian siswa itu terus menurun dari menit ke menit

b) Ceramah itu hanya menarik bagi siswa dengan tipe gaya belajar lewat mendengarkan

c) Ceramah cenderung hanya untuk meningkatkan pembelajaran informasi fakta tingkat rendah

d) Ceramah mengasumsikan bahwa semua membutuhkan informasi yang sama dan memiliki kecepatan pemahaman yang sama

e) Siswa cenderung tidak menyukainya..



2. Menurut pendapat SIEDENTOP 1971

Motorik Selain mendukung perkembangan kognitif, bermain juga menyediakan sejumlah fungsi penting bagi perkembangan fisik, emosi, dan sosial anak-anak Anak-anal mengungkapkan dan merepresentasikan gagasan-gagasan, pemikiran-pemikiran, dan perasaan-perasaan mereka ketika terlibat dalam bermain simbolik. Selama bermain, seorang anak belajar untuk mengatasi emosi, untuk berinteraksi dengan orang lain, untuk mengatasi konflikkonflik, dan untuk mendapatkan perasaan kompeten. Melalui bermain, anak-anak juga dapat mengembangkan imajinasi-imajinasi dan kreativitas-kreativitas mereka.



3. Menurut pendapat RUSH LUTAN 2002

Motorik dalam proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak merupakan dua makna yang patut dipegang oleh guru penjasorkes. Proses belajar untuk bergerak mengamanatkan guru penjasorkes harus mampu memilih gerakan-gerakan yang sesuai materi pembelajaran dengan tetap memperhatikan aspek pertumbuhan dan perkembangan siswa. Tujuan akhir dalam proses belajar untuk bergerak adalah siswa mampu menampilkan gerakan dengan efektif, efesisen dan terampil.

Banyak sekali macam dan jenis senam yang berkembang saat ini, tetapi senam di sekolah khususnya sekolah dasar mempunyai sasaran dan tujuan yang khusus. Sasaramlya yaitu anak-anak usia sekolah dasar, sedangkan tujual1l1ya untuk perkembangan menyeluruh sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar yang meliputi aspek pertumbuhan dan perkembangan anak yang dirangsang melalui kegiatan-kegiatan yang bertema senam, seperti dikemukakan oleh lain Adams (1988:24), bahwa dengan menggunakan pendekatan senam pendidikan untuk pembelajaran dasar keterampilan tubuh akan memberi banyak kesempatan untuk pencapai tujuan pendidikan di SD.Gerak tubuh mengacu pada perubahan posisi terhadap waktu dalam kerangka acuan tertentu.


4. Menurut IAN ADAM :

Ø Gerak adalah Hidup :

Gerakan anak bukan hanya kepentingan hidupnya sendiri, tetapi juga untuk kelengkapan hidupnya, mengadakan hubungan dengan semua benda yang bergerak lainnya. pertama – pertama anak kecil menghubungkan hidupnya dengan aktivitas dengan gerak spontan, dengan tumbuh – tumbuhan dan binatang, dan pada akhirnya dengan manusia.


Ø Gerak adalah Ritmik :

Gerak adalah ritmik artinya dapat menyesuaikan diri dengan gerakan gerakan yang bersifat ritmik/irama,.


Ø Gerak adalah Unggul :

Bila merasa unggul dalam gerakan tertentu maka akan mendorong untuk lebih berinisiatif, dan sebaliknya jika tidak unggul, maka akan menjadi pasif dan rendah diri



5. KONSEP


v Pemahaman Ruang

Ruang dan waktu mempunyai arti yang mutlak dan kaku



v Pemahaman waktu

Waktu mempunyai arti yang jelas dan mutlak. Waktu tidak lagi punya arti yang kaku. Waktu berjalan terus tanpa dapat diganggu oleh siapapun dan dalam keadaan apapun.



v Pemahaman Alat

Alat mempunyai arti yang relevan. Bentuk dan ukuran dapat disesuaikan sesai kegunaan. Dalam hal ini alat apat di modifikasi.



v Pemahaman Formasi

Formasi merupaan satu konsep yang yang sangat central,karena formasi merupakan pola managerial yang dapat mengatur keadaan,terutama bagi perkembangan gerak anak.

Komentar